22 Juli 2008

Jogja Foodfest, Foodcourt yang Hi-Tech

Diambil dari blog solis resto.

Jogja Foodfest adalah klien Solis Resto yang pertama di Jogja. Walau begitu, Foodfest merupakan salah satu foodcourt dengan teknologi restoran tercanggih yang menggunakan Solis Resto. Implementasi dilakukan pada bulan Februari 2008 lalu.

Jogja Foodfest berada di kawasan Jalan Kaliurang, km.5,5, sebelum ring road utara. Foodfest menempati kawasan yang luas, sebagian outdoor and sebagian indoor. Makanan disiapkan oleh stall-stall yang menawarkan menu-menu yang bervariasi. Berdasarkan pengamatan kami, Foodfest selalu ramai dipadati pelanggan, terutama dari sore hingga malam. Mungkin karena lokasinya yang cocok banget untuk hang-out. Ditambah lagi Foodfest juga menyediakan internet wi-fi.

Supaya dapat memberikan pelayanan yang cepat di lokasi yang luas, para pelayan di Foodfest menggunakan PDA untuk order menu. Melalui PDA, pelayan dapat mengakses menu-menu dari setiap stall. Informasi-informasi yang bisa dilihat melalui PDA antara lain:

  • Daftar menu dari setiap stall
  • Menu-menu mana yang available dan yang sudah habis
  • Informasi masing-masing meja, seperti apakah pesanan meja tersebut sudah tersajikan atau belum.
  • Jam order setiap menu.
  • Waktu saji setiap menu dan kapasitas masing-masing stall, sehingga pelayan dapat menginformasikan ke tamu kira-kira berapa lama pesanannya akan disajikan.

Untuk poin terakhir mengenai waktu saji, saya harus memberikan kredit kepada manajemen Foodfest. Karena fitur ini kita tambahkan atas masukan dari Pak Andy, General Manager Jogja Foodfest. Kami sangat menghargai masukan-masukan yang diberikan oleh klien kami, karena akan membuat kami semakin memahami kebutuhan dari pelaku restoran.

Selanjutnya, setiap menu yang dipesan oleh pelanggan akan langsung dicetak di masing-masing stall bersangkutan.

Dengan menggunakan fitur ‘Kitchen Monitor’ dari Solis Resto, management restoran dapat mengetahui:

  • pesanan-pesanan tamu yang sudah disajikan dan yang belum,
  • jam order dan nama pelayan yang melakukan order,
  • peringatan jika ada pesanan yang belum tersaji setelah jangka waktu tertentu. Jangka waktu peringatan terdiri dari 2 level, Medium Alert dan High Alert. Waktunya bisa diatur sendiri oleh pihak restoran.
  • pesanan-pesanan yang batal jika ada,
  • jam order, jam kirim, jam delivery, dan jam batal, untuk setiap menu, berikut dengan nama operator dan keterangan masing-masing.

Kitchen Monitor ini sangat membantu pihak Foodfest, karena dalam waktu bersamaan harus memonitor 11 stall (jumlah stall pada saat implementasi).

Dengan menggunakan sistem terintegrasi seperti ini, pelanggan restoran juga dapat dilayani dengan cepat sewaktu hendak melakukan pembayaran. Kenapa? Karena pesanan dari setiap meja sudah tercatat di dalam sistem, berikut dengan perhitungan harga-harga menu. Tidak perlu lagi dihitung secara manual. Cukup menentukan nomor meja, dan… Voila! Semua beres.

Solis Resto membantu pihak restoran untuk dapat melayani tamu dengan cepat, memonitor pesanan dengan mudah, dan mengurus pembayaran dengan tepat.

Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan Jogja Foodfest. Karena manajemen Jogja Foodfest punya pengetahuan teknologi informasi dan kesadaran akan manfaat dari software restoran. Dan terutama karena telah mempercayakan sistemnya kepada Solis Resto.

Untuk mendapatkan informasi tentang Jogja Foodfest, Anda dapat berkunjung ke situs resminya di www.jogjafoodfest.com.

Mau Makan Apa Hari Ini?

-Ven-

Original klik. blog solis resto

Tidak ada komentar: