21 Desember 2008

Icip-icip==>Nasi Tomat Bebek Foodfezt (Review Menu FoodFezt di SKH Kedaulatan Rakyat)

Satu tempat makan, dengan seratus lebih menu makanan, dan dilayani dengan petugas yang menggenggam Personal Data Assistant (PDA)?. Kini bisa dirasakan di Foodfezt, Jl Kaliurang Km 5,5 Yogyakarta.

“Saat data pesanan dimasukkan ke PDA, langsung terhubung ke printer dapur dan layar monitor pemantau. Dengan teknologi informasi, kami juga mengedukasi konsumen karena bila kebetulan pengunjung memilih duduk di lantai atas, maka waiter tidak perlu naik turun. Ada efisiensi waktu dan kejelasan waktu pemesanan,” kata Haryady Tunjung Saputro Supervisor Foodfezt.
Haryady menyebut ada 10 tenant yang bergabung dengan aneka masakan cita rasa lokal maupun global. Mulai dari tahu cocol, nasi kebuli bakar, soto betawi, kambing wijen, sup iga asam manis, sampai ayam goreng kremes dan aneka masakan dari bahan baku jamur. Selain itu, juga aneka minuman panas dan dingin. “Kami memberikan kebebasan tiap tenant untuk bereksplorasi, tetapi harus ada perbedaan produk dengan tenant yang lain, sehingga konsumen memiliki banyak pilihan menu spesial.
Hotspot merupakan salah satu fasilitas yang diminati pengunjung, di samping suasana di Foodfezt, baik yang outdoor maupun yang indoor.
Salah satu menu yang banyak dicari tamu adalah, nasi tomat bebek. Nasi dengan bumbu unik ini, sepintas tampilannya seperti nasi goreng. Saat disantap, terasa segar dan pedas sedikit asam karena ada irisan nanas dan tomat. Sedang lauknya bebek iris goreng terasa nikmat. Selain itu juga ada, gurami saus lombok ijo, yang ditampilkan menarik karena isi gurameh goreng tepung ini disajikan dalam kulit pangsit yang berbentuk mangkuk. Sedang, es kopyor sebagai pelengkap bisa jadi pilihan.
Mau mencoba, bisa ikuti resep yang disampaikan Foodfezt.
Untuk es kopyor, bahannya, kelapa Kopyor 50 gr, Simple syrup secukupnya, Syrup Frambozen secukupnya, susu kental manis secukupnya, air mineral dan es batu. Cara membuatnya, tuang dan masukkan simple syrup, es batu, kelapa kopyor, susu kental manis, air mineral dan terakhir syrup frambozen secara berurutan.
Resep gurami saus lombok ijo, bahannya daging gurami fillet potong tipis-tipis 70 gr, telur 1 butir, tepung terigu 50 gram, tepung kanji 60 gram, tepung maizena 1 sendok makan, garam secukupnya, vetsin secukupnya, gula jawa secukupnya, cabai hijau keriting 2 buah, bawang merah 1 butir, bawang putih 1 butir, daun salam, laos, kecap manis, tepung maizena untuk pengental.
Cara membuatnya, campur tepung terigu, kanji maizena, garam dan vetsin, lalu aduk hingga rata. Masukkan daging gurami ke dalam kocokan telur kemudian balut dengan tepung campur, goreng hingga agak kering. Untuk sausnya, tumis cabai ijo, bawang merah, bawang putih daun salam, laos, setelah harum tambahkan air, gula jawa, kecap manis, garam dan vetsin, tunggu hingga mendidih kemudian kentalkan dengan maizena. Siramkan saos hingga merata di atas gurami yang sudah digoreng.
Untuk nasi tomat bebek, bahannya, beras 1 kg, bawang merah 5 butir, bawang putih 3 butir, tomat segar 2 butir, jahe 1 ruas, pala 1 butir, kapulogo 3 butir, cengkih 5 butir, margarine 1 sendok makan. Lauknya, bebek 1 ekor, bumbu kuning secukupnya, sereh 1 batang, daun salam 2 lembar, laos secukupnya, gula jawa secukupnya, garam secukupnya, lada secukupnya dan vetsin secukupnya. Cara membuatnya, haluskan bumbu masukkan dalam beras tambahkan sedikit air. Memarkan jahe dan pala, masukkan bersama kapulogo dan cengkih, masak setengah matang. Tunggu sampai mengembang kemudian kukus sampai matang dengan ditambahkan margarine lebih dahulu. Gongso bumbu kuning, sereh, daun salam dan laos hingga harum, masukkan daging bebek, aduk sebentar kemudian tambahkan air. Setelah mendidih, bumbui dengan gula jawa, garam, lada dan vetsin. Masak sampai empuk lalu goreng. Cetak nasi tomat, sajikan berdampingan dengan daging bebek, acar dan krupuk udang. Cukup untuk 10 porsi.(Fia)-g

Tulisan asli klik ini

Tidak ada komentar: