15 April 2010

Tentang Penghapusan PPN



Beberapa hari yang lalu sejak mulai muncul berita mengenai PPN (Pajak Pertambahan Nilai) ini, kami segera melakukan konfirmasi ke Kantor Pajak, baik pusat maupun daerah. Kantor Pajak mengkonfirmasi bahwa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk restoran memang dihapuskan secara resmi. Tapi ada fakta lain yang mungkin belum diketahui secara luas; yaitu adanya PPn Restoran yang tidak pernah dipungut oleh Kantor Pajak Pusat, tetapi merupakan hak masing-masing Wilayah Kabupaten.

Rupa-rupanya, ada perbedaan yang mendasar antara PPN dan PPn. PPN adalah Pajak Pertambahan Nilai yang dipungut oleh Pusat, dan PPn adalah Pajak Pembangunan yang dipungut oleh daerah. Terutama karena nilainya sama, yaitu 10%.

Jadi, selama ini PPn yang telah anda bayarkan melalui FoodFezt, masuk ke Pendapatan Daerah. Pada awalnya memang membingungkan buat kami, karena Kantor Pajak Daerah Sleman (wilayah Kabupaten FoodFezt berada) tidak terlalu bisa menjelaskan dengan baik tentang skema ini.

Kami berusaha untuk berpegang pada UU yang menyatakan bahwa PPN ini telah dihapuskan, tapi kemudian disanggah oleh Kantor Pajak Daerah bahwa Pajak Restoran tetap harus dibayarkan oleh customer sebesar 10% dengan dasar Perda 8 th.2001 (link: http://www.slemankab.go.id/hukum/file/perda/Perda%208%20th.2001%20PAJAK%20RESTORAN.pdf ) yang hingga kini masih berlaku, dan memang kami tidak pernah dipungut PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sejak awal berdiri, melainkan yang dipungut adalah PPn (Pajak Pembangunan)

Dari Viva News: http://bisnis.vivanews.com/news/read/143951-ppn_makanan_diganti_pajak_pembangunan

DetikNews: http://www.detikfinance.com/read/2010/04/15/120728/1338825/4/jangan-lagi-mau-bayar-ppn-10-saat-makan-di-restoran

Karena kami berada di wilayah Sleman, maka sesuai dengan hukum yang berlaku, kami wajib untuk memberlakukan Pajak Restoran ini, yang merupakan kategori Pajak Pembangunan, dan disingkat sebagai PPn. Mungkin hal ini akan berlaku beda pada wilayah lain.

Mohon maaf dan terimakasih atas segala masukan yang telah dilayangkan kepada kami baik melalaui Facebook, Twitter, Email, Guest Comment, maupun secara lisan dan media lain.


FoodFezt - Semacam Tempat Makan
Mau Makan Apa Hari Ini?

Tidak ada komentar: